Monday 25 February 2013

perkembangan iOS


iOS adalah sistem operasi Perangkat lunak dari Apple. Awalnya dibuat hanya untuk iPhone, iOS kemudian berkembang hingga bisa mendukung perangkat Apple yang lain seperti iPod touch, iPad dan Apple TV. Apple tidak melisensikan iOS untuk digunakan di perangkat keras lain. Hal ini berbeda dengan Android, yang mana kita bisa menemukannya di berbagai merk perangkat genggam.

Di akhir tahun 2010, iOS memiliki pangsa pasar sebesar 26% di bawah Android milik Google dan Symbian milik Nokia. Pada 31 Mei 2011, di Apple Inc App Store tercatat lebih dari 500.000 aplikasi iOS, yang telah diunduh sebanyak lebih dari 15 juta kali. Untuk bisa menjalankan aplikasi bajakan atau yang tidak tersedia di Apple, Inc App Store, pada umumnya pengguna iOS melakukan aktivitas iOS jailbreaking.

Sistem iOS diturunkan dari Mac OS X, yang oleh karenanya memiliki ciri sebagaimana sistem operasi Unix. Antarmuka iOS didasarkan pada konsep manipulasi langsung dengan gerakan multi-sentuh. Respon iOS atas input pengguna bersifat langsung dengan antarmuka yang mengalir halus.



Kelebihan menggunakan IOS:

  1. Notifikasi, Notifikasi real time pada layar, Notifikasi LockScreen
  2. Layanan iMessage dalam aplikasi Olahpesan
  3. Reminder-Termasuk Opsi Lokasi
  4. Kostumisasi Suara Notifikasi, Email, Voicemail dan Kalender
  5. Terintegrasi layanan iCloud
  6. Aplikasi Peningkatan Kamera
  7. Editor Foto terintegrasi-crop, peningkatan otomatis, rotate dan perbaikan Red-Eye
  8. Safari TerUpdate-Tabbed Browsing (Di iPad), modus browsing privasi, Reader terintegrasi, daftar bacaan dan Kinerja yang Optimal
  9. Kamus LookUp di seluruh Antarmuka
  10. Operasi Komputer Gratis-Independent Activation, OTA Updates, BakUp dan Restore iCloud
  11. Sinkronisasi Wi-Fi dengan iTunes dengan Operasi Otomatis
  12. Fitur Baru di Aplikasi Mail-Opsi Bold, Italic, Underline dan Quote, Pencarian, Tandai sebagai Terbaca/Tidak Terbaca dan Flasg Setting, Tambah/Hapus Folder kotak surat
  13. Kalender TerUpdate dan Aplikasi Game Center
  14. Newsstand App
  15. iPod Player berganti nama menjadi musik dengna ikon baru
  16. Video App terpisah untuk iPhone
  17. Histtory pembelian di App Store
  18. Opsi New Management Storage
  19. Isyarat Multitasking untuk iPad
  20. AirPlay Mirroring untuk iPad
  21. Pilihan Aksesibilitas baru



Kekurangan mgnggunakan IOS :


  1. Tidak Ada dukungan Flash di Web Browser. Padahal Flash sangat penting di dunia maya mengingat banyaknya Flash yang beredar di internet. Jadi, tanpa Flash di Web Browser kita pun tidak dapat melihat Flsh suatu situs atau web.
  2. Tidak cepat dalam mematikan Wi-Fi, Bluetooth dan 3G. Sebagai penggunanya, kita juga butuh kecepatan suatu perangkat dalam mematikan fitur termasuk Wi-Fi, Bluetooth dan 3G. Wi-Fi, Bluetooth dan 3G dapat memboroskan baterai lebih cepat makanya perlu untuk dimatikan jika sudah tidak digunakan. Tapi, lamanya mematikan fitur-fitur tersebut dapat menyebabkan pengguna bosan atau kesal karena lamanya menunggu fitur-fitur tersebut untuk mati.
  3. Tidak Ada Integrasi Facebook
  4. Tidak Ada Widget yang tepat untuk lockscreen. Tanpa Widget yang dapat memudahkan pengguna untuk membuka lockscreen tersebut maka akan menjadi kerepotan bagi pengguna untuk membuka layar yang telah terkunci.
  5. Folder Aplikasi masih dibatasi hingga 12 Aplikasi Top
  6. Tidak mendukung format DivX/Xvid (meskipun sudah ada banyak pemutar khusus format DivX/Xvid di App Store). seharusnya Apple memperhatikan hal ini.  Karena dapat merepotkan penggunanya untuk memutar format tersebut dan terpaksa harus mendownload pemutar tersebut lewat App Store belum lagi harus mengeluarkan kocek untuk mendapatkannya.
  7. Tidak Ada Modus Penyimpanan USB untuk meng-upload konten ke dalam suatu perangkat
  8. Tidak mendukung Transfer File lewat Bluetooth ke ponsel lain. Semakin repot lagi para pengguna dalam hal transfer file ke perangkat ponsel atau Tablet lain. Jadi, hanya mengandalkan USB saja.
Supaya lebih mengenal tentang Operating System besutan perusahaan Apple tersebut, berikut sekilas perjalanan sejarah perkembangan iOS atau biasa disebut dengan iOS History:



Versi 1
iOS History dimulai ketika Steve Jobs meluncurkan iPhone di tahun 2007, ia mengklaim bahwa perangkatnya menggunakan versi dari OS X. Pada awalnya ponsel tidak terbuka untuk pengembang pihak ketiga (3rd party developer) sampai sembilan bulan setelah peluncuran, ketika Apple merilis iPhone SDK.

iPhone 2G menjalankan apa yang sekarang dikenal sebagai iOS versi 1.0, dengan pra-instal aplikasi (aplikasi bawaan/standar) dari Apple serta iTunes versi 1.1
Versi 2
Pada versi ini terjadi perubahan besar di iOS history yang diperkenalkan pada iOS 2.0, yaitu dukungan untuk aplikasi pihak ketiga, yang juga menandai titik balik untuk iPhone sebagai perangkat pasar massal. Meskipun SDK diumumkan pada bulan September tahun 2007, dan dirilis ke developer pada Maret 2008, namun orang-orang benar-benar dapat merasakan kenikmatan App Store ketika iPhone 3G diluncurkan pada Juli 2008.

App Store adalah penambahan terbesar pada saat itu.
Versi 3
Bersamaan dengan peluncuran iPhone 3GS, iOS 3.0 membawa beberapa fitur yang sangat dibutuhkan, seperti dukungan MMS, kemampuan untuk network tethering, kemampuan copy dan paste, kemampuan untuk menggunakan keyboard dalam modus landscape, IMAP, Memo Suara, aplikasi kompas, shake to shuffle, dan push notification.

Versi 4
Tahun 2010, iOS update tidak hanya memperkenalkan istilah iOS, tapi juga mengatasi kurangnya dukungan multitasking. iOS4 mendukung multitasking terbatas, menangguhkan tindakan yang tidak perlu di background untuk menghemat baterai, tetapi memungkinkan pengguna untuk melakukan hal lainnya.

Peningkatan besar pada iOS 4 adalah kemampuan untuk beralih data selular on dan off, jumlah karakter untuk pesan SMS dan pencarian SMS, penambahan dukungan zoom saat mengambil foto, HDR foto, kemampuan untuk melakukan syncronize, face and place dari iPhoto, mengubah ukuran foto ketika mengirim, berkreasi dengan playlist sementara di jalankan, dan dukungan untuk passcode, semua membuat perbaikan besar operating system pada versi sebelumnya.
Versi 5
iOS versi terbaru ini memiliki iMessage dan fitur baru untuk kamera dalam IOS 5, yaitu selain ada tombol hardware untuk mengambil foto pada iPhone, iPad, atau iPod Touch, dapat juga menggunakan tombol ‘up’ volume untuk mengambil foto (termasuk menggunakan tombol volume pada handsfree). Terdapat pula sistem notifikasi baru, pesan baru, atau pemberitahuan lain, muncul di bagian atas layar device Anda.

sumber: http://syarifbloggerbanjar.blogspot.com/2012/09/sistem-operasi-ios.html
http://nusantara-widyandaru.com/2012/05/ios-history-sejarah-perkembangan-ios-operating-system-besutan-apple/

No comments:

Post a Comment